Ilmu, pentingnya Ilmu



Siang ini lagi browsing-browsing eh nyasar di page nya halaman pemerintah bali dan nemu kalimat bagus tentang Ilmu/pendidikan, apa sajajakah itu?
Nah mengutip dari halaman http://perpustakaan.baliprov.go.id, pada halaman http://perpustakaan.baliprov.go.id/berita5-Andy-/'Kick-Andy/'-Noya-Jadi-Magnet : 
  • Ilmu ibarat emas, di mana pun tempatnya, kedudukannya terhormat.
  • Prestasi terbesar dalam ilmu pengetahuan dan seni telah dibuat oleh orang-orang yang bekerja sendirian.
  • Orang yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca kerana membaca itu sumber ilmu, menyediakan waktu tertawa kerana tertawa itu musiknya jiwa, menyediakan waktu untuk berfikir kerana berfikir itu dasar kemajuan, menyediakan waktu untuk beramal kerana beramal itu pangkal kesuksesan, menyediakan waktu untuk bercanda kerana bercanda itu akan membuat selalu muda dan menyediakan waktu beribadah kerana beribadah itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa.
  • Tidak ada simpanan yang lebih berguna daripada ilmu. Tidak ada sesuatu yang lebih beruntung daripada adab. Tidak ada kawan yang lebih bagus daripada akal. Tidak ada benda ghaib yang lebih dekat daripada maut.
  • Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang luar biasa seandainya seseorang tidak harus menghabiskan hidupnya terhadap hal tersebut. Knowledge is something extraordinary in case someone does not have to spend his life on it. Albert Einstein - Ilmuwan Amerika kelahiran Jerman
  • Di dalam kepala yang dipenuhi ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan sedikit sekali ruangan tersisa bagi kecongkakkan.
Dari kata mutiara di atas mengandung pesan-pesan mengenai pentingnya siapa saja memiliki ilmu pengetahuan, pentingnya siapa saja berpendidikan. Mengingatkan juga akan pentingnya ilmu itu sendiri.  
Dalam Agama Islam sendiri juga telah diungkapkan keutamaan orang-orang yang menuntut ilmu.

Adapun keutamaan menuntut ilmu ada pada Alquran dan beberapa hadist dibawah ini,

Qs Al Mujadalah ayat 11:

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

Artinya :
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)
dalam beberapa hadist, Rasulullah Shallallahu a'laihi wa sallam bersabda : 


مَنْ خَرَجَ فِي طَلَبِ الْعِلْمِ فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ
“Barangsiapa keluar (dari rumahnya) dalam rangka menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.” (HR At-Tirmidzi, hadits ini dinilai hasan li ghairihi oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 88.)

مَا مِنْ خَارِجٍ يَخْرُجُ مِنْ بَيْتِهِ يَطْلُبُ الْعِلْمَ إِلَّا وَضَعَتْ لَهُ الْمَلائِكَةُ أَجْنِحَتَهَا، رِضًا بِمَا يَصْنَعُ
“Tidaklah seseorang itu keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu, kecuali malaikat pasti meletakkan (mengepakkan) sayap-sayapnya karena ridha dengan apa yang dilakukannya.” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 85.)
Demikianlah bahwa penting sekali bagi kita untuk menuntut ilmu, dianjurkan kita bahkan diwajibkan kita siapa saja untuk memiliki ilmu pengetahuan, belajar apa saja yang dapat memberikan kita manfaat. Jangan lelah dan malu untuk belajar. Setiap orang berhak menuntut ilmu kapanpun dan dimanapun.


Previous
Next Post »